Home » » Resensi Harry Potter and the prisoner of azkaban

Resensi Harry Potter and the prisoner of azkaban

Resensi Harry Potter and the prisoner of azkaban


Membuka pintu perdamaian di balik luka lama antara Black dan
Harry Potter



“Harry Potter  and the prisoner of azkaban”
Resensator : Bayani Amri Putri
Kelas : XI IPS 1
SMA N 1 Gadingrejo
2010/2011
Kaburnya Sirius Black jadikan jalan perdamaian antara Black dan
Harry Potter

Judul Buku Asli : Harry Potter and The Prisoner of Azkaban
Judul Terjemahan : Harry Potter dan Tawanan Azkaban
Pengarang : J.K Rowling
Penerjemah : Listiana Srisanti
Penerbit : PT Gramedia Postaka Utama
Tahun terbit : 1999
Jumlah Halaman : 544 hlm
Nomor ISBN : 979 – 655 – 853 – x

JK Rowling tak hentinya berimajinasi mengenai hal-hal magic seperti sihir, hal inilah yang membuatnya memenangkan beberapa penghargaan diantaranya, A Nestle Smarties Book Prize, British Book Award for Children’s Book of the Year dan Scholastic Inc. Daya imajinasinya yang tinggilah sehingga terciptanya karya-karya yang mampu mengalahkan pasar dan tidak diragukan lagi akan kredibelitasnya. Harry Potter dan Tawanan Azkaban yang merupakan serial lanjutan jilid 3 dari novel-novel Harry Potter sebelumnya memang tak pernah membuat pembaca merasabosan untuk terus membaca. Dalam serial ini Harry tidak banyak berhubungan langsung dengan Lord Voldemort. Namun jangan merasa kecewa, karena berbagai petualangan seru masih menanti Harry, Ron, dan Hermione.
Sebagai ganti Lord Voldemort, tokoh antagonis pada cerita ini dialihkan pada Sirius Black. Black adalah tawanan yang berhasil meloloskan diri dari Azkaban, penjara sihir yang sangat ketat penjagaannya. Konon, Black adalah abdi Lord Voldemort yang paling setia, yang ikut ambil bagian dalam pembunuhan puluhan Muggle (warga non-sihir), termasuk Lily dan James Potter, kedua orang tua Harry. Black dikabarkan meloloskan diri dari penjara untuk mencari Harry Potter dan membalaskan dendam Lord Voldemort.

Dalam petualangan kali ini, Harry menghadapi masalah baru, yaitu Dementor. Dementor adalah penjaga Azkaban, sosok berkerudung hitam yang mampu menyerap kebahagiaan seseorang dan membangkitkan kenangan terburuknya. Lolosnya Black memaksa kementerian Sihir untuk menyebar para Dementor di Hogwarts.
Di cerita ini, sekolah sihir Hogwarts akan mendapatkan guru Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam terbaik. Dia adalah Remus Lupin, sahabat masa kecil James Potter, ayah Harry. Lupin mengajari banyak hal kepada Harry, di antaranya mengahadapi Kappa, Boggart, Red Cap, dan makhluk-makhluk sihir lainnya. Namun yang paling utama, Lupin membekali Harry dengan sihir Patronus untuk mengatasi ketakutan Harry pada Dementor.

Dibandingkan serial Harry Potter lainnya, jilid ketiga ini memiliki ending yang paling mengejutkan sekaligus menjadi kunci dari serial Harry Potter lainnya. Suatu akhir tak terduga yang akan melibatkan Harry Potter, Sirius Black, Remus Lupin, dan Scabbers. Penasaran? Silakan baca novelnya, namun jangan Download Harry Potter and The Prisoner of Azkaban dari internet ataupun memperbanyak dalam bentuk apapun karena hal itu melanggar hak cipta.

0 komentar:

Poskan Komentar

Blogger news