Home » » Tips dan Trik supaya blog kita banyak dikunjungi

Tips dan Trik supaya blog kita banyak dikunjungi

Pagi readers kali ini mau ngeshare Tips dan Trik supaya blog kita banyak dikunjungi cekibrot gan :
Buat desain blog yang menarik

Desain blog yang menarik tentu akan memiliki daya pikat tersendiri bagi pengunjung yang melihatnya. Buatlah sebuah desain tata letak blog yang sederhana, tetapi nyaman untuk dilihat pengunjung. Jangan terlalu banyak memasang pernak-pernik blog agar pengunjung kita tetap merasakan kenyamanan saat membaca. Sebab, inti dari kedatangan pengunjung dalam blog kita adalah untuk membaca bukan? Jadi, sekali lagi jangan terlalu banyak menampilkan pernak-pernik yang tidak begitu dibutuhkan dalam blog kita. Selain menimbulkan ketidaknyamanan, hal ini juga akan membuat loading blog kita menjadi lama dan akan membuat para pembaca akan malas mengunjunginya. Kurangi jumlah iklan yang menumpuk. Ingat, pengunjung adalah pembaca yang ingin menikmati kualitas tulisan dalam postingan kita, bukan untuk melihat iklan.

Aktifitas posting

Aturlah aktifitas posting secara teratur agar pengunjung kita lebih senang dalam mengunjungi blog kita. Hal ini penting karena setiap pengunjung selalu ingin mendapatkan perkembangan informasi terbaru dalam blog kita. Jika blog kita jarang diupdate, ini akan memberikan suggesti negatif bagi para pengunjung yang menganggao jika blog kita tidak terawat dan membuat pengunjung merasa enggan untuk mengunjunginya lagi. Jadi, sebelum banyak pengunjung kita yang lari, maka lakukanlah beberapa langkah perbaikan. Apa saja? Misalnya adalah dengan rajin memberikan postingan paling tidak minimal tiga hari sekali agar blog kita selalu terjaga eksistensinya di mata pengunjung dan selalu up to date.


Berikan postingan yang berkualitas

Yup, ingat dan selalu ingatlah jika content is the king! Jika konten postingan dalam blog kitalah yang menentukan segalanya. Postingan adalah nyawa dari blog kita. Jika pengunjung untuk pertama kalinya melihat postingan kita dan langsung kagum dengan kualitasnya, maka akan membuat mereka merasa tertarik untuk mengunjungi, mengunjungi, dan selalu mengunjungi blog kita setiap hari. Akan tetapi, coba kita bayangkan jika blog kita memiliki kualitas postingan yang rendah apalagi hasil dari copas, tentunya hal ini akan membuat pengunjung menjadi tidak kerasan dan mendatangi blog kita untuk hanya sekedar mampir dan tidak akan lagi mau datang ke blog kita. Wah, begitu vital bukan peranan dari sebuah kualitas postingan dalam blog kita. Maka dari itu, mulailah untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas postingan dalam blog kita dengan mencari banyak referensi, pendapat ahli, dan saran dari pihak yang berkompeten terhadap suatu bidang tertentu yang sedang kita tulis.

Daftarkan ke search engine

Seperti yang telah kita ketahui bersama jika search engine memiliki peranan yang besar dalam mendatangkan pembaca untuk mengunjungi blog kita. Sebagian besar pengunjung datang dari search engine yang hendak mencari sebuah informasi yang kebetulan ada dalam blog kita. Lalu, apa jadinya jika blog yang sudah kita buat dan kita kembangkan susah payah tidak kita daftarkan dalam search engine..?
Wah,, tentu sebuah kerugian yang besar bukan? Untuk itulah kalian perlu mendaftarkannya agar blog kalian mudah di indeks oleh searh engine dan apapun postingan kalian yang sudah dipublikasikan akan mudah di cari oleh banyak orang. Kalian bisa submit blog ke beberapa search engine yang terkenal, seperti google, yahoo, dan msn.

Cantumkan ke situs jejaring sosial

Jika kalian memiliki akun di situs jejaring sosial yang cukup populer seperti facebook dan twitter, cantumkanlah alamat blog kalian pada profil dalam akun tersebut. Mengapa? Hal ini sangat berguna sekali dalam menginformasikan blog yang kita miliki kepada kepada teman-teman kita. Karena pada umumnya banyak sekali blog-blog populer karena banyaknya pengunjung yang bersumber dari teman-teman mereka di situs jejaring sosial. Jadi, jika kalian sudah memiliki akun di beberapa situs jejaring sosial tersebut, maka cantumkanlah alamat blog kalian.

Daftarkan ke social bookmarking

Fungsi utama dari social bookmarking adalah apabila ada postingan kita yang menarik, maka akan memudahkan bagi pembaca untuk membookmark postingan kita tersebut dalam social bookmarking.
Ada beberapa social bookmarking terkenal yang patut kita coba, seperti digg, yahoo, mixx, del.icio.us, technorati, stumbleupon, reddit, dsb.

Daftarkan ke blog direktori

Blog direktori merupakan sebuah situs yang menyediakan fasilitas bagi kita untuk melihat berbagai jenis situs yang terdaftar di dalamnya sebagai sebuah satu ke satuan komunitas dan terbagi ke dalam beberapa kategori. Blog direktori ini layaknya seperti sebuah gudang blog-blog yang terdaftar di dalamnya. Apa manfaatnya jika kita mendaftarkan blog kita di sana? Manfaatnya adalah setiap postingan yang telah terpublikasikan dalam blog kita akan secara otomatis terjaring dalam pencarian search engine. Karena pada dasarnya situs blog direktori ini mendapat semacam hak previlege atau mendahului dalam hal publikasi konten-konten postingan dari blog-blog yang terdaftar di dalamnya. Beberapa blog direktori yang terkenal antara lain seperti, blog catalog, technorati, blogdigger, mybloglog, dsb.

Daftarkan ke milist

Apa untungnya jika blog kita didaftarkan ke dalam milist? Yup, tentu saja ini akan sangat bermanfaat sejalan dengan cara kerja milist itu sendiri. Jika dalam sebuah milist terdapat 10.000 anggota, maka setiap ada satu anggota yang mengirimkan informasi yang bermanfaat dan menarik dalam milist tersebut, maka akan secara otomatis informasi tersebut akan terdistribusikan ke 9.999 anggota lainnya. Jika informasi yang dikirimkan tersebut memang menarik dan layak untuk dibaca, tentu hal ini akan mengundang sebuah rasa penasaran dari anggota lainnya untuk mengunjungi blog kita bukan? Jadi, daftarkan saja blog kita ke dalam milist yang berkaitan tema dalam blog yang kita punya.

Ikuti forum

Bergabunglah dalam sebuah forum diskusi yang membahas topik permasalahan yang sama dengan tema dalam blog kita. Jika kita mampu untuk menjadi anggota yang berkompeten di dalamnya, bukan tidak mungkin akan banyak orang yang akan sering mengunjungi blog kita. Bagaimana bisa? Yup, bagaimana jika kita melihat ada seorang yang mahir dan berkompeten dalam sebuah forum. Setiap da pertanyaan selalu dijawab dengan komentar yang memuaskan. Postingannya dalam forum tersebut juga sangat bagus. Tentu kita akan menganggapnya sebagai yanga dapat diandalkan bukan? Nah, dengan kepercayaan kita terhadap orang semacam inlah yang nantinya akan membawa kita secara sukarela untuk mengunjungi blog miliknya tanpa pakasaan untuk bisa belajar dan mendapatkan ilmu yang lebih dari dirinya.

Gunakan signature dalam email

Pemberian tanda tangan dalam email kita juga cukup penting dalam mempromosikan blog kita ke khalayak ramai. Jika ada orang yang menerima email kita dan pada email kita tersebut telah terpasang tanda tangan yang berisikan nama dan alamat blog kita, bukan tidak mungkin hal itu akan memberikan rasa penasaran tersendiri kepada penerima email kita tersebut untuk mempengaruhinya dalam mengunjungi blog kita.

Tingkatkan blogwalking dan komentar

Jangan lupa untuk mengunjungi blog milik orang lain dan meninggalkan komentar yang bermutu di setiap postingan mereka. Biasanya orang akan terpengaruhi oleh komentar bermutu yang kita berikan untuk mengunjungi blog kita. Selain itu, jangan lupa untuk mengisi buku tamu atau kotak percakapan jika disediakan oleh pemilik blog. Tulislah secara lengkap terutama alamat blog kita dalam form kotak identitas kolom komentar. Ingat, jangan memberikan spam terhadap komentar yang kita berikan tersebut.

Lakukan blogroll

Apa itu blogroll? Blogroll merupakan sebuah kegiatan untuk saling bertukar link alamat blog kita dengan alamat blog milik orang lain yang masing-masing ditempatkan di halaman blognya. Lalu, apa manfaatnya? Selain menambah pagerank, dengan mengadakan blogroll juga akan menambah jalinan silaturahmi antar sesama blogger yang pada intinya dapat mempromosikan blog kita kepada orang lain.

Adakan sebuah kontes

Jika kita memiliki cukup uang, maka tidak ada salahnya jika kita melakukan sebuah kontes dalam bidang tertentu yang nantinya akan melibatkan blog kita hingga dikenal oleh masyarakat luas. Misalnya kontes seo, membuat sebuah karya tertentu, dsb.

Beritahu teman kita secara offline

Selain promosi yang bersifat online, memberitahu teman jika kita memiliki sebuah blog juga merupakan sebuah langkah promosi yang bagus. Seringkali teman kita tersebut akan menengok seperti apa bentuk dari blog yang kita beritahukan tersebut. Jika ternyata memang bagus, maka tidak menutup kemungkinan jika teman kita itu pun akan menjadi salah satu pengunjung tetap kita nantinya.

Promosikan lewat iklan

Hal ini hanya disarankan dilakukan oleh mereka yang benar-benar serius terhadap blog yang dimilikinya. Biasanya hal ini terjadi pada blog-blog yang manfaatnya lebih diarahkan untuk fungsi yang bersifat komersial, semisal blog yang menawarkan barang dagangan yang mereka jual, dsb. Dengan tingginya biaya iklan yang harus dikeluarkan, ada baiknya jika kita yang masih belum memiliki cukup dana untuk mencoba beberapa layanan iklan secara gratis yang mungkin hasilnya tidak akan seakurat layanan iklan berbayar.

0 komentar:

Poskan Komentar

Blogger news