Home » » CARA MENGGUNAKAN BLOG DI BLOGGER ATAU BLOGSPOT

CARA MENGGUNAKAN BLOG DI BLOGGER ATAU BLOGSPOT

CARA MENGGUNAKAN BLOG DI BLOGGER ATAU BLOGSPOT


Ada seorang sahabat menanyakan kepada saya, tentangbagaimana cara menggunakan blog di blogspot. Karena dia sudah membuat blog akan tetapi belum begitu memahami akan cara penggunaannya.

Saya berfikir ini wajar, mungkin beberapa diantara kita mengalami hal yang sama ketika pertama kali membuat blog. Ini mungkin dikarenakan mereka belum begitu akrab dengan blogger. Tapi saya yakin kalau sudah dicoba dan akrab, dalam waktu singkat bahkan dalam hitungan menit akan memaham tentang bagaimana cara menggunakan blog di blogger atau blogspot.

Terdorong dari pertanyaan sahabat saya tadi, akhirnya saya terdorong untuk menulis ini, yaitu tentang cara menggunakan blog. Siapa tahu ada diantara sahabat yanglain merasakan seperti apa yang dirasakan oleh sahabat saya tadi. Sehingga tidak berfikir bahawa cara mendaftarnya saja yang mudah, akan tetapi sulit cara penggunaannya.

Di sini saya akan mencoba menjelaskan satu persatu bagaimana cara mengunakan blog di blogger bagi Anda yang baru memulai membuat blog.

Pertama yang harus Anda lakukan login ke blog Anda.
Waktu pertamakali Anda masuk maka Anda akan melihat halaman yang mana di situ terlihat judul atau nama blog yang telah Anda buat.
Buka nama judul blog Anda, maka Anda akan dibawa pada halaman dimana Anda akan melihat gambar seperti di bawah ini.
Fungsi tool atau alat-alat yang terlihat di atas di sini akan sedikit saya coba terangkan penggunaannya.

New post.
Jika Anda membuka halaman new post maka Anda akan diarahkan pada halaman posting blog. Pada halaman ini Anda bisa mengawali menulis artikel Anda.
Pada bagian atas adalah utuk judul artikel. Kemudian masukkan artikel Anda di bawahnya.
Pilih preview atau pratinjau untuk melihat tampilan artikel sebelum di publish atau di publikasikan.

Anda bisa lihat tampilannya, jika Anda rasa cocok bisa langsung Anda publikasikan. Jika Anda rasa masih kurang cocok dengan selera Anda, bisa Anda edit lagi.
Setelah itu publish atau publikasikan, maka tulisan Anda sudah terpublikasikan dan sudah bisa dilihat oleh semua pengguna internet.

Overview
Halaman ini adalah halaman dashboard yang tadi sudah Anda buka, yaitu halaman ketika Anda pertama kali memilih judul blog, maka akan diarahkan pada halaman ini.

Posts
Ini adalah halaman edit artikel, di sini Anda akan melihat judul-judul artikel yang pernah Anda tulis. Dari sini anda bisa edit artikel Anda yang sudah Anda publikasikan.

Pages
Jika Anda ingin membuat halaman statis atau halaman yang berdiri sendiri, Anda bisa membuatnya dari sini. Cara membuat halaman statis bisa Anda lihat pada tulisan saya sebelumnya.

Comments
Dari halaman ini Anda bisa melihat siapa saja yang memberi komentar pada blog Anda. Jika Anda ingin menanggapi komentar bisa langsung buka halaman untuk menulis tanggapan komentar.

Google+
Anda bisa tambahkan google+ atau bergabung google+ dengan membuka halaman google+

Stats
Anda bisa melihat trafik blog Anda, berapa halaman yang dilihat pengunjung dan dari mana saja pengunjung Anda berasal.
Dari sini Anda juga bisa melihat melalui kata kunci apa pengunjung Anda masuk.

Layout
Tata letak atau layout adalah halaman dimana Anda bisa menambahkan gatget pada halaman blog Anda. Dengan pilih tambahkan atau add gatget maka akan muncul windows baru yang di situ ada bermacam-macam pilihan untuk mempercantik halaman log Anda.
Dari halaman ini selain menambahkan juga bisa menghapus, edit dan memindah. Cara memindahkanya, Anda tinggal menggeser saja.

Tamplate
Dari sini Anda bisa mengganti atau mengedit template Anda. Pada edit template ada dua pilihan, melaluicustomize dan edit html. Jika Anda ingin edit, untuk pemula saya sarankan menggunakan customize karena lebih mudah cara penggunaanyanya.

Setting.
Dalam setting blog, para blogger caranya berbeda-bada. Tapi sebaiknya Anda melakukan ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Blogger news