Situs Jejaring Sosial Terpopuler, 15 Teratas
Peringkat pada artikel berikut disadur dari Top 15 Most
Popular Social Networking Sites yang juga dipublikasikan hari ini (01 Juni
2012). Informasi tambahan diambil dari halaman Wikipedia masing-masing jejaring
sosial. Sumber pranala utama dari informasi dapat dilihat pada tautan yang
disediakan. Logo juga diambil dari halaman wiki masing-masing. Jika tidak ada,
logo diambil dari situsnya langsung. Perbandingan jejaring sosial lain
berdasarkan fiturnya (bukan berdasarkan popularitas) dapat Anda baca di
toptenreviews.com.
1. Facebook
Siapa yang tak kenal dengan situs ini. Logonya pun kini
banyak dipasang di iklan produk mana pun. Semua kalangan pun dari semua jenjang
setidaknya pernah mendengar jejaring sosial paling terkenal ini. Semua orang
tahu sehingga tidak perlu dibahas banyak-banyak.
Facebook adalah situs jejaring sosial paling populer
saat ini dengan 900 juta pengunjung berbeda setiap bulan. Situs ini diprakarsai
oleh Mark Zuckerberg, Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes pada
tahun 2004. Facebook tergolong situs jejaring sosial yang umum. Tidak
dikhususkan untuk suatu relasi sosial tertentu. Minimal umur untuk bisa
menikmati layanan Facebook adalah 13 tahun.
Pendiri utama Facebook, Mark Zuckerberg, selalu
mendapat tuntutan hukum dari Cameron Winklevoss dan Tyler Winklevoss (pendiri
UConnect) dengan tuduhan telah mencuri ide mereka membuat jejaring sosial
semacam Facebook. Memang dulu Mark dipekerjakan oleh mereka untuk membuat
sebuah situs jejaring sosial untu Harvard. Akan tetapi, Mark pun membuat versi
jejaring sosialnya sendiri dengan ide tambahannya sendiri. Facebook atau dulu
namanya The Facebook pun merambah secara “eksklusif” dari universitas ke
universitas di Amerika. Karena eksklusif untuk mahasiswa elit, ketenaran
Facebook pun meningkat drastis hingga puncaknya menjadi situs jejaring sosial
paling terkenal sekarang.
2. Twitter
Twitter memiliki pengunjung hingga 300 juta orang
setiap bulannya. Termasuk pemain baru, Twitter langsung melejit menjadi situs
jejaring sosial terkenal kedua di dunia. Banyak yang menggemari Twitter karena
ringkas dan sangat cepat dalam update informasi. Twitter memang berfokus pada
layaan blogging mikro (microblogging) dan RSS untuk pesebaran informasi. Ia
sering disebut-sebut sebagai “SMS-nya internet”. Bahkan ada iklan yang
mengatakan bahwa Twitter lebih cepat dari gempa.
Twitter dibangun oleh Jack Dorsey, Noah Glass, Evan
Williams, dan Biz Stone pada 15 Juli 2006. Tingkat pertumbuhan Twitter sangat
luar biasa. Setahun setelah meluncur terdapat lebih dari 400.000 tweet yang
lewat dalam layanan Twitter. Jumlah ini berlipat ganda hingga 100 juta tweet di
tahun 2008. Kini rata-rata tweet harian Twitter adalah 340 juta tweet per hari.
Logo situs ini pun selalu bersanding di samping logo Facebook pada setiap iklan
produk dan promo acara, menunjukkan betapa terkenalnya situs jejaring sosial
ini.
3. LinkedIn
Situs jejaring sosial ini fokus pada relasi
profesional. Situs ini memiliki 120 juta pengguna di dalamnya. Situs ini
dibangun oleh Reid Hoffman, dkk di tahun 2003. Sebagai situs yang bermain di
bidang profesionalitas, kita bisa juga mencari relasi atau bahkan pekerjaan
pada LinkedIn. Situs ini juga cocok untuk orang yang mencari pekerja sesuai
dengan kriteria yang dimasukkan.
LinkedIn akan mencari orang yang cocok sesuai dengan keahlian yang
dimasukkan dalam profilenya. Kini, LinkedIn telah menjadi kakas utama de
facto untuk jaringan profesional.
4. Myspace
Myspace bisa dibilang adalah situs yang mempopulerkan
layanan jejaring sosial. Mbahnya jejaring sosial. Jejaring sosial menjadi
terkenal berkat ia. Memang, ia pernah menjadi situs jejaring sosial paling
populer sekitar tahun 2006 dan bahkan melebihi situs pencarian Google pada
jumlah pengunjung bulanan. Pada waktu itu ia dihargai hingga sampai $580 juta.
Sekarang kondisi Myspace sangat buruk bahkan katanya pengunjung bulanannya
lebih rendah dari situs jejaring sosial kurang terkenal Tagged. Jumlah pengguna
Myspace sekarang sekitar 100 juta orang. Myspace sekarang dihargai sekitar $12
juta.
MySpace bersifat umum sama seperti Facebook. Semua bisa
mendaftar asal sudah mengaku berumur minimal 13 tahun. Myspace dibangun oleh
Chris DeWolfe dan Tom Anderson pada tahun 2003.
5. Google+
Google+ bisa dibilang merupakan jejaring sosial paling
anyar. Meluncur pada 28 Juni 2011, kini pengguna Google+ sudah mencapai 170
juta orang. Google+ banyak digemari orang karena fitur barunya Circle dan
Hangout yang memudahkan orang mengatur komunikasi dan berinteraksi dengan
video. Sebelum peluncurannya, Google+ disebut-sebut sebagai pesaing berat
Facebook. Pada awal peluncuran, Google+ pun menerima sangat banyak permintaan
undangan. Peluncurannya sangat dinanti orang dan sangat terkenal di kalangan
techy. Akan tetapi, menurut hasil survey Mashable pada Februari tahun ini,
rata-rata waktu orang tinggal di Google+ hanya sekitar 3 menit per bulan
dibanding Facebook 7,5 jam per bulan.
Google+ merupakan usaha Google ke sekian kalinya dalam
dunia jejaring sosial. Beberapa produk jejaring sosial google sebelumnya adalah
Buzz, Wave, dan Health. Kini Google+ menjadi seperti pemersatu dari seluruh
layanan tersebar yang dimiliki Google.
6. deviantART
Situs ini adalah surganya para pecinta seni gambar.
Jika Anda seorang artis (bukan artis yang di tivi itu log ya), terutama yang
bergelut di bidang seni gambar, Anda wajib memunyai halaman disini. Disini Anda
juga bisa menemui halaman-halaman dan karya artis-artis terkenal seperti
personil Supercell.
DeviantArt meluncur pada 7 Agustus 2000 oleh Angelo Sotira,dkk. Kini deviantART
memiliki sekitar 22 juta pengguna dengan 25 juta pengunjung setiap bulannya.
7. LiveJournal
LiveJournal merupakan jejaring sosial yang sangat dekat
dengan blog. Pengguna situs ini dapat membuat jurnal dan buku harian (diary).
Fitur yang membedakan LiveJournal dari blog kebanyakan adalah fitur daftar
teman (friendlist) sehingga ia seperti gabungan blog dan jejaring sosial. Blog bisa
dibuat privat atau hanya dibagi ke teman-teman tertentu.
LiveJournal dibuat oleh
Brad Fitzpatrick pada tahun 1999. Awalnya ia membuat LiveJournal sebagai
sarana penghubung dia dan teman-teman.
Pengguna LiveJournal sekarang mencapai 17 juta pengguna. Situs ini
sangat populer di Rusia.
8. Tagged
Situs jejaring sosial Tagged sama seperti situs
jejaring sosial pada umumnya. Tagged bersifat umum sama seperti Facebook.
Fiturnya standar melihat profil orang lain, pos, main game, dll. Akan tetapi,
fitur lain yang berbeda disini adalah kita bisa
berbagi tag dan memberikan hadiah ke teman.
Tagged dibangun oleh Greg Tseng and Johann
Schleier-Smith di pertengahan 2004. Mereka rencanya ingin membuat Yahoo untuk
remaja atau MTV masa depan. Tagged mengaku memiliki 100 juta pengguna dalam
databasenya. Pengguna ini juga berasal dari situs jejaring sosial hi5 yang ia
akuisisi. Akan tetapi, tagged terkenal sebagai situs yang reseh (annoying).
Situs ini mengambil daftar email dari kontak email kita dan mengirimi mereka
masing-masing undangan untuk bergabung ke tagged. Tagged pun berdalih bahwa
mereka sudah kita “tambah” sebagai teman.
9. Orkut
Orkut merupakan jejaring sosial milik Google. Situs ini
dinamai berdasarkan salah satu pegawai Google yakni Orkut Büyükkökten. Si Orkut
membangun Orkut.com sebagai proyek sampingan saat ia bekerja di Google tahun
2004. Orkut sangat populer di Brazil dan India. Sekarang ia dioperasikan dan
dimanajemen secara penuh di Brazil. Kini ia mulai merambah ke Estonia walaupun
juga sudah mulai sepi karena banyak yang beralih ke Facebook. Jumlah pengguna
Orkut mencapai 100 juta pengguna. Di Orkut, pengguna dapat mengganti halaman
profilnya dengan pilihan tema dengan beragam warna.
10. CafeMom
Jejaring sosial ini unik sekali karena ia dikhususkan
untuk ibu-ibu atau wanita yang sesaat lagi menjadi ibu. Memang situs ini
dibatasi untuk pengguna minimal 16 tahun dan wanita. Prinsip situs ini adalah
bebas pria (ketahun akun cowok akan langsung dihapus). Situs ini menyedian
tempat bagi para ibu untuk saling bertanya dan bertukar informasi. Situs ini
juga memiliki adik berupa jurnal bagi ibu-ibu yang membahas gosip selebriti,
masalah dan dilema keibuan beserta solusi, dan cara mendekor rumah.
CafeMom dibuat oleh
Andrew Shue dan Michael Sanchez pada tahun 2006. Setahun dari
peluncurannya ke dunia maya, CafeMom sudah diramaikan oleh para pengunjung
wanita menurut comScore. Pada tahun 2009, situs ini mulai mendapatkan
keuntungan pertamanya. Kini, CafeMom memiliki 1,2 juta pengguna. Pengunjung
unik tiap bulannya hingga 8 juta orang dengan 140 juta kunjungan.
11. Ning
Ning adalah jejaring sosial yang unik. Pengguna dapat
membuat “jejaring sosial”-nya sendiri disini. Tampilan, rasa, dan bahkan set
fitur setiap jejaring sosial (seperti foto atau likes) dapat diatur sendiri
oleh pengguna. Bahkan persyaratan untuk mendaftar jejaring sosial yang dibuat
juga bisa diatur. Sampai Juni 2011, terdapat lebih dari 90.000 jejaring sosial
yang dibuat disini. Jejaring ini dinamai Ning Networks.
Ning dibangun bersama oleh Marc Andreessen dan Gina Bianchini.
Andreessen adalah founder dari Netscape. Secara global, Ning memiliki 65 juta
pengunjung unik per bulan.
12. Meetup
Meetup adalah jejaring sosial yang memfasilitasi
perencanaan “ketemuan” di dunia nyata. Meetup bisa menghubungkan pengguna
berdasarkan minat seperti politik, game, musik, dll. Menurut www.ebizmba.com,
situs ii memiliki 7,5 juta pengunjung unik setiap bulannya.
13. myLife
myLife dibangun oleh Jeffrey Tinsley pada tahun 2002 setelah ia bertemu istrinya
pada reuni SMA. Konsep reuni (dulu nama situsnya reunion.com) dan bertemu
dengan teman lama, keluarga jauh, atau cinta yang hilang adalah ide dari situs
jejaring sosial ini. Dengan 28 juta pengguna, myLife memiliki 4,2 juta
pengunjung unik (dari Amerika Serikat saja) per bulannya.
14. myYearbook
MyYearbook adalah jejaring sosial yang dibentuk pada
tahun 2005 oleh Geoff Cook, David Cook, dan Catherine Cook. Situs ini memiliki
filosofi untuk bertemu orang-orang baru. Situs ini akan diubah nama menjadi
Meet Me tanggal 4 Juni mendatang. Katanya, Yearbook lebih mengesankan untuk
bertemu teman sesekolah dan Meet Me lebih menggambarkan tujuan utama jejaring
sosial ini. Salah satu fitur myYearbook adalah ekonomi virtual sehingga kita
bisa belanja makan siang atau memberi sumbangan ke teman di dalam situsnya.
MyYearbook memiliki 20 juta pengguna dengan jumlah pengguna unik per bulan 8
juta orang.
15. Badoo
Situs jejaring sosial Badoo berfokus pada perkencanan.
Situs ini dibangun oleh enterpreneur Andrey Andreev pada tahun 2006. Kini Badoo
mengklaim memiliki jumlah pengguna terdaftar sebanyak 150 juta orang. Situs ini
ramai kebanyakan di Amerika Latin, Itali, dan Perancis.
0 komentar:
Posting Komentar